Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis

Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis - Hallo sahabat Gambar Rangkaian Elektronika, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lampu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis
link : Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis

Baca juga


Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis

Saklar otomatis menggunakan sensor cahaya ini fungsi secara otomatis menyalakan lampu taman ataupun lampu jalan apabila malam hari, serta dengan cara otomatis mematikan lampu apabila matahari sudah terbit atau pada siang hari.

Komponen utama yang dipakai sebagai sensor pada rangkaian ini ialah LDR, dimana manfaat LDR yaitu resistor ini bakal berubah kualitas resistasinya apabila ada perubahan cahaya yang tentangnya, disini R7 pada rangkaian bermanfaat untuk mengatur kepekaan LDR. Kamu bisa mengatur R7 dengan memutar serta menyesuaikan kondisi cahaya di kurang lebihkan atau sesuaikan. Sedangkan Relay ialah saklar yang bakal menghubung serta memutus arus listrik yang menuju lampu. Skema rangkaianya berikut ini :

skema rangkaian sensor cahaya
Daftar Komponen sebagai berikut :

    LDR = light dependent resistor
    R1 = 4,7 K
    R2 = 1,2 K
    R3 = 2,2 K
    R4 = 1,2 K
    R5 = 1,2 K
    R6 = 2,7 K
    R7 = VR 100 K
    C1 = 10 µf/16V
    TR1 = BC107-BC108 NPN (CV7644)
    TR2 = BC107-BC108 NPN (CV7644)
    TR3 = BC557-BC558-BC327 PNP
    D1 = 1N4148 Diode
    RELAY = 12V relay

Dengan memakai alat tersebut kita tidak perlu repot mematikan atau menyalakan lampu sendiri, biasanya dipakai untuk daerah penerangan diluar rumah, untuk lebih maksimal kinerja nya bisa kita kreasikan kembali.


Demikianlah Artikel Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis

Sekianlah artikel Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Skema Rangkaian Sensor Cahaya Saklar Otomatis dengan alamat link http://gambarelektro.blogspot.com/2016/09/skema-rangkaian-sensor-cahaya-saklar.html