Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805

Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805 - Hallo sahabat Gambar Rangkaian Elektronika, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Komponen, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805
link : Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805

Baca juga


Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805

Jika kita ingin membuat sebuah regulator yang voltase tegangan ditentukan oleh keinginan kita, tanpa harus ribet lagi cukup dengan bantuan sebuah IC saja, yaitu jenis IC penentu output tegangan seperti IC 7805 untuk membuat output 5 volt, sedangkan jika inginkan tegangan keluaran 8 volt atau 12 volt tinggal pake saja IC 7808 dan 7812, pada awal tipe seri IC tersebut biasanya bertuliskan LM.

Untuk penerapan pada sebuah rangkaianya cukup mudah saja, dengan petunjuk gambar diatas yaitu posisi kaki pertama merupakan input, kedua atau kaki tengah yang dihubungkan ke negatif/ground, dan kaki ketiga adalah output yang menghasilkan tegangan keluaran voltase sesuai dengan jenis IC tersebut.


Jadi cukup mudah kan? Untuk menentukan atau merubah tegangan yang kita inginkan cukup dengan IC saja, kita perhatikan saja ujung seri nya, 7805 berarti ujung seri 05 itu untuk keluaran 5 volt, dan jika ujung nomer seri IC 08 berarti mempunyai output 8 volt.

Membuat regulator dengan menggunakan ic tersebut juga dapat menghasilkan kualitas keluaran tegangan yang halus, jika dirangkaikan misalnya untuk keperluan Audio maka akan mengurangi masalah "dengung" yang disebabkan tegangan kasar atau gak halus, jadi dengan IC 7805 ini dapat membantu kita dikala butuh menurunkan tegangan sesuai kebutuhan kita, dan yang penting lagi adalah tegangan input yang masuk pada IC harus diatasnya, misalnya 7805/08 maka tegangan masuk pada IC harus diatas 8 volt supaya IC tersebut berjalan dengan baik, asal jangan terlampau besar saja teganganya biar IC tidak jebol.

Demikian tentang skema rangkaian yang menggunakan IC 7805 sebagai penentu voltase tegangan, yang kita terapkan untuk membuat sebuah regulator tegangan sesuai dengan keinginan kita, bagi yang hoby merakit sesuatu alat elektronik tentunya sering kita butuhkan rangkaian dengan bantuan IC 7805 tesebut.


Demikianlah Artikel Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805

Sekianlah artikel Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rangkaian Regulator Penentu Voltase Tegangan dengan IC 7805 dengan alamat link https://gambarelektro.blogspot.com/2016/08/rangkaian-regulator.html