Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast

Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast - Hallo sahabat Gambar Rangkaian Elektronika, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lampu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast
link : Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast

Baca juga


Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast

Kali ini membahas mengenai tutorial menyalakan lampu Fluorescent alias yang tak jarang disebut dengan lampu TL. biasanya kita menyebutnya TL, mungkin diantara anda bertanya - tanya apa sebetulnya kepanjangan dari TL tersebut. Lampu TL ialah singkatan dari "Tube Luminescent ", ada juga yang menyebutnya dengan " Tube Lamp " tak jarang disebut juga dengan lampu tabung ataupun lampu neon.

Sedikit kita mengulang sejenak pelajaran SMP bahwa lampu TL ialah suatu  lampu berbentuk tabung hampa yang pada setiap ujungnya tersedia 2 pasang kawat pijar ( coil ) yang prinsip kerjanya semacam lampu pijar biasa, yang menjadi perbedaan pada lampu ini ialah di dalam tabung tersebut disuntikkan dengan mercury serta gas argon dengan tekanan rendah, pada saat arus listips mengalir elektron-elektron bakal berpindah tempat dari ujung yang 1 pada ujung tabung yang lain.

Daya listriks ini juga mengubah mercury dari cairan menjadi gas jadi pada saat bersamaan atom mercury yang berupa gas ini bakal tertabrak oleh elektron. Tabrakan ini menyebabkan energi elektron meningkat, pada saat energi elektron kembali normal saat itulah elektron-elektron itu melepaskan energi menjadi cahaya ringan. Untuk menyalakan suatu  lampu TL harus diperlukan ballast serta strarter. Untuk itu pada peluang hari ini bakal berkreasi bagaimana tutorial menyalakan lampu TL tanpa memakai ballast serta starter. Mungkin kita bertanya - tanya serta tentu berfikir "Tidaklah Mungkin"  serta mungkin bakal mengatakan "Apa Benar bisa".

Yup Sebelumnya kita mari lihat skema dasar menyalakan suatu  lampu TL yang dipakai oleh orang pada umumnya.


Dari skema diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa trafo ballast cuma membatasi besar arus yang mengalir serta menyesuaikan dengan karakteristik lampu tersebut. Sedangkan starter bermanfaat sebagai penyulut saat awal starting sebab suatu  lampu TL pada awal startingnya memerlukan tegangan yang lumayan tinggi tak lebih lebih 400 Volt untuk memanaskan elektroda agar gas pada tabung tersebut bisa berpindar.

Untuk membuktikan kesimpulan saya di atas kita bisa membikin suatu  rangkaian pengganti yang bisa mudah di bisakan di pasaran serta toko elektronika yang dekat dengan tempat tinggal anda.

Bahan yang perlu kita siapkan ialah :


1. Kapasitor 330 nF / 400 Volt
2. Resistor 680K ukuran 1 Watt  (biru, abu-abu, kuning)
3. Resistor 100K ukuran 1 Watt  (coklat, hitam, kuning)
4. Resistor   56K ukuran 1 Watt  (hijau, biru, orange)
5. Resistor 100 ohm   ukuran  5 Watt   Resistor Model Kapur)

Seusai kita siapkan komponen diatas, kemudian buat rangkaian semacam gmbr berikut ini :


Apabila rangkaian sesuai gmbr di atas pastikan untuk berhati-hati saat menyalakanya, jauhkan dari grounding/pertanahan, sebab apabila rangkaian yang kita buat tak rapi bakal mengdampakkan  konsleiting.


Demikianlah Artikel Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast

Sekianlah artikel Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rangkaian Lampu TL tanpa Memakai Trafo Ballast dengan alamat link https://gambarelektro.blogspot.com/2016/09/rangkaian-lampu-tl-tanpa-memakai-trafo.html