Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi

Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi - Hallo sahabat Gambar Rangkaian Elektronika, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lampu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi
link : Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi

Baca juga


Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi

Pemakaian lampu LED (light Emitting Diode) telah mulai tak sedikit dipakai saat ini, dikarenakan lampu led sanggup menghemat pemakaian konsumsi daya listrik hingga dengan 85% bila dibandingkan apabila kita memakaian lampu halogen alias lampu pijar biasa. Sedangkan lampu efisiensi (lampu jari / CFL) hanya sanggup menghemat konsumsi daya listrik kurang lebih 30% , sangat fantastis bukan kemajuan teknologi kini ini, sebab efisiensinya kemungkinan pada sebuahsaat kelak kemajuan teknologi lampu led dipakai sebagai model sumber penerangan masa depan sebab lampu ini bisa menekan pemanasan global serta pemborosan pemakaian daya listrik PLN.

Hal ini terbukti sebab lampu led telah tak sedikit di softwarekan untuk penerangan rumah, penerangan jalan, lampu lalu-lintas, lampu senter, interior/eksterior gedung mewah,dsb, Wah berarti kelak telah tak ada lagi pemadaman bergilir lagi dari PLN hehehe.

Pembuatan Lampu Led :

Lampu led terbukti populer sangat efisien, tetapi untuk harganya tetap digolongkan sangat mahal, sebab kita wajib merogoh kocek kurang lebih Rp 50.000,-  untuk membeli sebuah lampu led saja, Bahkan ada harga diatas Rp150.000,-  tergantung merk pada masing-masing lampu tersebut, Tak mengherankan apabila masyarakat pedesaan belum banyak yang memakai teknologi ini.

Sekarang kita membikin lampu efisiensi lampu led dengan anggaran rendah serta komponen mudah di bisakan, persoalan nilai ketahan lamaan tak kalah dengan lampu yang dipasarkan di pasaran, mungkin hanya kalah dari sisi desain saja.

Tapi apabila kamu memiliki lampu bekas efisiensi CFL (Compact Fluorescent Light) yang telah rusak, maka bekas lampu tersebut jangan dibuang dulu, kami bisa memakai sebagian komponennya untuk membikin lampu led efisiensi ini, kamu tinggal membelikan ketidak lebihannya saja, sebab pada rangkaian bekas ballast CFL telah tersedia hampir segala komponennya, mekegunaaankan barang bekas berarti kamu telah ikut menolong menyelamatkan bumi dari pemanasan global ( "Global Warming" ).

rangkaian lampu hemat energi
Langkah Pembuatan :

1. Langkah awal yang perlu disiapkan merupakan membikin rangkaian semacam skema diatas, kegunaaankan casing lampu jari untuk dipakai nantinya sebagai pengganti wadah untuk lampu led efisiensi ini, untuk pemantul cahayanya gunakan bekas kaset VCD yang telah rusak.

Membikin sendiri Lampu LED ekonomis energi

Langkah Kerja Pembuatan Lampu LED

Seusai rangkaian dirangkai, test dulu dengan led yang kita seri sementara untuk nantinya dicoba dengan listrik AC 220 Volt, saya sarankan gak boleh memegang rangkaian ini saat diperbuat pengujian rangkaian, sebab rangkaian ini terhubung langsung pada listrik tegangan tinggi 220 Volt.

Perlu diketahui besarnya arus yang diperbolehkan masuk pada LED kurang lebih 10mA s.d. 20mA. Tegangan kerja pada sebuah led putih kurang lebih 3 Volt s.d. 3,7 Volt, Apabila tegangan kerja diatas tegangan ini kemungkinan lampu led tak tahan lama, mudah putus bahkan bisa terbakar.

2. Seusai langkah satu telah dikerjakan, pada langkah dua ini kami pasangkan rangkaian yang telah sehingga ke dalam tempat bekas lampu jari CFL. Buat Rangkaiannya serapi mungkin serta tak mengurangi estetika kesopanan.

Cara membikin lampu LED

3. Pada langkah ini uji pengujian kembali rangkaian lampu efisiensi LED yang telah kamu buat sebelum dipasang permanen.

Lampu led Ekonomis energi


4. Bagian Pemasangan pada dinding kamar, serta nyatanya hasilnya cukup terang untuk menerangi ruangan kamar tidur, tapi jika soal kecerahan tentunya kalah juga apabila dibandingkan dengan lampu CFL ( Lampu ekonomis energi model tabung ), Tetapi kembali lagi ke sisi efiensinya bahwa lampu ini bisa menghemat 85 % konsumsi daya listrik serta dalam sisi umur lampu ini jauh lebih tahan lama dibanding lampu ekonomis energi yang kamu gunakan saat ini, Serta dalam sisi kesehatan lampu ini tak mengandung bahan berbahaya mercury yang membahayakan kesehatan kita.


Demikianlah Artikel Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi

Sekianlah artikel Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rangkaian Membuat Lampu Hemat Energi dengan alamat link https://gambarelektro.blogspot.com/2016/09/rangkaian-membuat-lampu-hemat-energi.html