Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055

Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055 - Hallo sahabat Gambar Rangkaian Elektronika, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel inverter, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055
link : Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055

Baca juga


Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055



DC to AC - Membuat Inverter dengan rangkaian cukup sederhana dan mudah dipraktekan, skema rangkaian inverter ini sangat cocok untuk kita yang butuh menaikan tegangan dari input hanya 12 volt saja, misalnya dari Aki (Acumulator) dan mempunyai output tegangan 220 volt standar listrik PLN.

Dengan rangkaian Inverter ini dapat membantu kita saat bepergian jauh dari tempat keramaian pemukiman penduduk, yang tidak terjangkau oleh aliran listrik, misalnya digunakan camping berkemah, mancing, naik gunung, dan lainya. Dengan inverter ini kita dapat menggunakanya untuk menyalakan lampu atau perangkat listrik yang lain.

Hanya cukup memerlukan 2 transistor saja dan tambah beberapa komponen, yang mudah didapatkan ditoko-toko elektronik, walaupun memang rangkaian inverter yang sudah jadi juga banyak dijual, tapi kita gak ada salahnya mencoba merakitnya sendiri.

Cara Pemasangan Inverter DC to AC

Merangkaikan inverter contoh sekema langsung dengan Aki lihat saja gambar dibawah ini



Komponen yang diperlukan

Travo T1 = Stepdown, primer AC 230 Volt, skunder AC 12 volt CT.

Transistor Q1, Q2 = 2N3055

Resistor R1, R2 = 330 ohm 2 watt atau lebih

Aki B1 = 12 volt

Itulah rangkaian inverter DC to AC sederhana hanya dengan 2 Transistor 2N3055 sebagai komponen utama, jika ada panas pada salah satu komponen, coba saja menambah watt komponen atau membuat doble secara seri pada setiap Transistor atau Resistornya, semoga rangkaian ini bermanfaat.


Demikianlah Artikel Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055

Sekianlah artikel Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Rangkaian Inverter DC to AC dengan Transistor 2N3055 dengan alamat link https://gambarelektro.blogspot.com/2016/09/rangkaian-inverter-dc-to-ac-dengan.html