Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer

Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer - Hallo sahabat Gambar Rangkaian Elektronika, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Audio, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer
link : Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer

Baca juga


Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer


Encoder stereo ini merupakan saran-saran sempurna untuk kamu yang mencari transmisi stereo dengan nilai suara yang tinggi berbiaya rendah, encoder stereo ini menghasilkan suara kristal stereo jernih serta pemisahan saluran audio yang sangat baik serta sesuai, dengan tak sedikit encoders stereo mahal yang terdapat di pasar, Itu segala berkat pemakaian kristal kuarsa 38KHz yang mengontrol nada pilot 19kHz, jadi Kamu tak wajib meng-kalibrasi alias kembali menyesuaikan sirkuit.

NJM2035 memperkenalkan nilai yang handal, diproduksi oleh NJR CORPORATION (JRC), anak perusahaan dari New Japan Radio, suatu  perusahaan yang dikenal sebagai produsen semikonduktor audio profesional paling baik dunia, pemancar ini bisa digabungkan dengan pemancar FM mono, seluruh sirkuit dengan mudah bisa dimuat pada PCB 1? X 1,5? yang memungkinkan untuk ditempatkan di box dengan ruang yang terbatas.

 Diagram Blok Internal NJM 2035


 Skema Rangkaian MULTIPLEXER STEREO
Skema Rangkaian MULTIPLEXER STEREO

komponen yang diperlukan:
2x 47K
1x 10K
1x 82K
1x 50K POT
   
1x 33uF
1x 10uF
3x 100nF (104)
1x 100pF (101)
1x 10pF (10)
   
1x NJM2035 IC
1x 38 KHz Crystal

Bagaimana Encoder Stereo Bekerja?

Encoder stereo terdiri dari tiga bagian utama, pre-emphasis, encoder digital serta bagian mixer.

tahap Pre-emphasis dicapai dengan memakai dua resistor 47K serta dua kapasitor 1NF, Faktor ini menolong untuk menghapus kebisingan yang dihasilkan selagi transmisi sinyal audio Anda.

Tahap kedua built in NJM2035 merupakan encoder digital, Segala blok internal kecuali dua amplifier audio (pin 1 & 14) yang bertindak sebagai pemisah dibangun memakai sirkuit digital.

Rangkaian digital pertama merupakan osilator 38KHz yang dihasilkan dengan memakai kristal eksternal 38KHz (pin 7), kapasitor 10pF (pin 6) serta 100pF kapasitor bypass (pin 5), Seusai frekuensi 38KHz dihasilkan itu kemudian di-buffer serta dibagi menjadi dua sinyal 19KHz dengan perbedaan fase 180 derajat.

Dua frekuensi (pin 1 serta 14 ) yang terhubung dengan dua pemecahan waktu MPX digital di aktifkan bergantian, satu kali untuk tiap channel audio, di bawah saluran audio yang diaktifkan antara satu sama lain dengan total frekuensi 38KHz, apabila Kamu bisa memperlambat frekuensi ini pada 1Hz per detik Kamu bakal memahami tutorial encoder bekerja, bahwa selagi 1 detik pertama Kamu bakal mendengar channel audio kiri serta pada 1 detik kedua Kamu bakal mendengar channel audio yang kanan, begitu berulang-ulang.

Sebab saluran ini memakai frekuensi dengan kecepatan 38KHz per detik maka kita tak bisa mengenal bahwa sebetulnya channel audio diaktifkan dengan cara bergantian, Ketika yang sama, sinyal lain dari osilator 38KHz dibagi setengah ke 19KHz, sinyal ini disebut nada PILOT sebab bakal menolong dekoder stereo di bagian penerima untuk membagi sinyal MULTIPLEX (campuran dari channel audio R serta L) serta memisahkan kembali menjadi channel audio kiri serta kanan. Bagian ketiga merupakan mixer yang terdiri dari kapasitor 33uF, 100nF serta resistor 82K, 10K.

Peranan sirkuit ini merupakan untuk mencampur subcarrier multipleks serta sinyal pilot menjadi bersama-sama, Subcarrier multipleks sinyal yang keluar dari pin 9 dari IC NJM2035 merupakan jumlah serta perbedaan channel audio kiri serta kanan yang diaktifkan pada tingkat 38kHz, Sinyal PILOT yang keluar dari pin 8 merupakan frekuensi 19KHz yang dipakai untuk membedakan apa saluran sekarang sedang diaktifkan.

Output dari multiplexer ini kita sambungkan pada input pemancar radio fm mono Sambil membangun encoder stereo Anda, silahkan meluangkan waktu mengecek dengan skema untuk memastikan bahwa segala koneksi yang diperbuat dengan benar.


Demikianlah Artikel Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer

Sekianlah artikel Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Skema Merakit HI-FI Stereo Encoder / Multiplexer dengan alamat link https://gambarelektro.blogspot.com/2016/09/skema-merakit-hi-fi-stereo-encoder.html